Sunday, March 1, 2009

Andai Aku Guru

ini bermula ketika hari Sabtu kemarin, ketika jam pelajaran terakhir adalah matematika, di mana seluruh pikiran meleyang ke arah Malam Mingguan. gue yang duduk sebangku dengan bayu (baca: bekantan) yang sudah berangan mengecup bibir icha, ceweknya. tapi mau tak mau dia harus dengerin pelajaran, soalnya si guru matematika (baca: Bu Endah) adalah calon saudaranya, yang tidak lain adalah tantenya si icha. hari itu tentang relasi trigonometri, yang sepertinya setiap siswa cowok jika ditanya akan menjawab 'hah? makan?' dan Bu Endah bilang 'gak konsen nih?'.

Begitu pula dengan si bayu, dia cuma diam seribu rupiah, eh maksudnya seribu bahasa! dia sama sekali tidak tau apa-apa. tapi dia tak mau terlihat bego di depan calon saudaranya. alhasil, dia bertanya sama gue.

'Ric, nih gimana seh?'

'Oh, kalo sin (180-x) = bla.. bala.. bla..'

Bayu pun manggut-manggut tanda paham, lalu dia berkata tentang suatu hal yang akan mengubah hidup gue selamanya.

'wah gila, Bu Endah gak cocok jadi guru, HARUSNYA ERIC AJA YANG JADI GURU, GUE MALAH NGERTI!'

kontan gue jadi ge'er dan berandai-andai jadi guru lain dan mereka yang menjadi murid gue..

kalo' gue jadi Pak Suaeb gue bakal bilang,
'mas, mbak, tolong perhatikan ya, ini ornamennya harus model kayak joglo' sambil ngeden-ngeden kayak mau eek.

kalo' gue jadi Pak caca,
gue bakal marahin tiap siswa sepuluh E, karna gue walinya,
'tiap saya jadi wali kelas, pasti ada yang masuk 3 besar paralel, kenapa kalian tidak?'

Kalo' gue jadi pak Zainuru, gue pengen bilang,
'tolong kalo ada orang ngomong itu diperhatikan!'

kalo' gue jadi bu Rini, gue pengen tiap hari kasih post-test,
'sebutkan fungsi ideologi negara kita, nomor absen 13!'

tapi mereka semua bukan guru yang asik, apalagi buat jadi panutan, ada yang suka julurin lidah sambil matanya putih dan diejek sama murid 'Ada siluman Semprong!', atau guru yang ngeFans sama Amien Rais lah, hash serah deh. gue pengen kayak bu Ossy, guru bahasa yang mampu menerima tiap pikiran kita, gaool juga, tau tempat kongkow yang asik,dst

tapi gue pengen be my self!!

No comments: