Friday, August 28, 2009

Anda Bertanya, Eick Menjawab (Edisi Agustus)

Oke, balik lagi bersama gue Bang Eick alias Eric Setyo Nugroho di dalam acara 'Anda Bertanya, Eick Menjawab'
Gue Berharap Kalian Punya pertanyaan yang bisa gue jawab, oke? Jangan nanya 'Siapa Bapaknya Einstein? atau Siapa nama anjingnya Obama', Gue gak bakalan bisa jawab!!

Hendra-23 tahun di Bugel, Panjatan.
Gini Bang Eick Nugraha, Gue udah berkarir musik sekitar 5 tahunan gitu. Tapi kenapa gue belum sukses ya? Tolong solusinya, Gue frustasi banget nih Bang!!

Buat Hendra di Bugel, kalo menurut gue, coba mawas diri dulu. Apakah usaha kamu selama ini udah maksimal apa belum?
Apakah kamu udah mencoba usaha batik tulis atau usaha bengkel? (gak nyambung ya?). Maksudnya apakah udah banyak karya yang dihasilkan?
Kalo udah banyak karya, coba promosikan CD atau kaset kamu itu ke sopir bus atau angkot yang ada sound system-nya.
Gue jamin karya kamu bakalan banyak di denger masyarakat (kalo si sopir mau muter CD kamu, tapi gak janji deh).
Atau kalo' gak, apakah aliran musik kamu dapat diterima masyarakat atau gak? Kalo aliran sesat atau aliran Jamaah Islamiyah mungkin gak bakalan diterima.
Kalo kamu punya aliran dangdut, jangan sekali kali ikut acara kayak Metal-fest atau 'a tribbute to Slipknot', jelas kamu salah sasaran.
Mendingan kamu ikutin saran Nanda Mahardika, ikutlah dia di acara 'Dangdut Koplo', apalagi kalo dimeriahkan trio macan, dijamin koplo tenan!! :)
Apalagi kamu bisa nyaingin Ridho Rhoma dan Sonet 2 (baca: sonet-sonet)
Kemudian ada cara lain, pergilah ke Kantor Urusan Agama (K.U.A) terdekat. Bukan untuk kawin, tapi check ada jadwal pernikahan di mana aja. Kamu kan bisa tanya-tanya, barang kali bisa memeriahkan acara kawinan.
Kalo cara-cara itu udah mentok, kamu mending bikin Boyband yang namanya berhubungan dengan pantai Bugel kayak Blue (biru laut), BackstreetBay atau yang paling fenomenal adalah BBB (Bugel Beach Boys).
Semoga ide-ide cemerlang gue tadi bisa membangkitkan kreativitas kamu. Selamat Mencoba!!

Mira-17 tahun di Wijimulyo, Nanggulan.
Bang Eick, Gue pernah baca kalo upil itu punya banyak kandungan gizi. Apa bener? Thank You.

Ya, buat Mira, emang di akhir Juli lalu, para ahli riset dan gizi di Institute of Stuttgart, Jerman melakukan studi kepada 2000 responden yang dipilih secara acak yang nanti akan diambil sampel upil mereka.
Dari 2000 jenis upil kualitas tinggi yang dipilih, telah didapat beberapa kesimpulan yang cukup mengejutkan.
Inilah hasil studi tersebut :
1. Upil didominasi oleh unsur garam-garaman, yaitu 50%.
Mereka membuktikannya dengan cara menyuruh responden untuk makan upilnya sendiri dan alhasil banyak yang bilang, 'Uh, asin banget!!'
Ya, akhirnya upil ini dapat membantu ibu-ibu yang kesulitan ekonomi ketika mau masak jadi gak perlu beli garam.
2. Upil mengandung beberapa macam gula sederhana (10%), seperti monosakarida dan bisakarida.
Hal ini terbukti dari beberapa upil yang ditempelkan di tembok kemudian banyak semut yang mengerubunginya (salah satunya gue, gue nempelin upil di tembok kelas gue dan banyak semut yang ngerubungin, sungguh menjijikkan)
3. Upil mengandung 30% uranium.
Ini adalah salah satu temuan terhebat. Memang para ilmuan Jepang sudah mendeklarasikan, namun belum seintensif sekarang.
Terbukti dalam kartun One Piece karya Eichiro Oda, dalam anggota Baroque Works ada yang namanya Mr.5 atau apa gue lupa. Pokoknya dia punya kekuatan, yaitu upilnya bisa meledak kayak bom.
Jangan sampai Noordin M. Top jadi peternak upil, ntar punya banyak bom lagi?!
4. 10% lain-lain seperti Hidrogen/ air (terutama kalo lagi flu atau pilek), Natrium, Klorida, Perak dan Emas (karena waktu mengupil ada yang menyebutnya sebagai 'menggali emas')

Ghea-12 tahun di Jogoyudan, Wates.
Bang Eick yang makin hari makin cakep, Gue mau nanya, di pelajaran Bahasa Indonesia bu guru menyebutkan kata 'orang kidal', apa bedanya sama 'orang kadal' dan manusia pada umumnya. Terima kasih.

Buat dek Ghea, wajar kalo di SD tidak diajarkan tentang orang kidal. Kamu akan menemuinya sewaktu di SMA, yaitu pada pelajaran Biologi Bab Anatomi tubuh orang kidal (mana ada?)
Arti kata orang kidal kurang lebih adalah orang yang menggunakan tangan kirinya dalam berbagai aktivitas, berbeda dengan orang normal yang pada umumnya menggunakan tangan kanan.
Kalo bedanya dengan orang kadal mungkin pada fungsi fisiologis-nya. Kalo orang kidal tangan kirinya biasa saja, namun kalo orang kadal tangan kirinya bisa nempel di tembok (kayak cicak aja?)
Kalo bedanya sama orang biasa cukup basic ya?
Misalnya menulis dengan menggunakan tangan kiri, memegang buku dengan tangan kiri dan parahnya, makan dan cebok menggunakan tangan yang sama, tangan kiri!!
Jadi bersyukurlah kepada kalian yang tidak bertangan kidal. Semoga cukup memberi pencerahan.

Deka-18 tahun di Hargorejo Kokap.
Bang Eick, gue mau nanya cukup serius nih. Pria Jepang kan terkenal ulet dan giat bekerja, sedangkan istrinya hanya bekerja sebagai ibu rumah tangga, apakah para Pria gak curiga kalo istrinya selingkuh di rumah?
Terima kasih.

Ya, pertanyaan yang cukup cerdas dan kurang kerjaan. Selain terkenal akan keuletan dan kegigihannya, orang Jepang juga terkenal akan kesetiaannya (pengecualian buat Maria Ozawa).
Kamu gak tau apa aja yang dilakuin para ibu rumah tangga kalo suaminya pergi bekerja. Mereka biasanya mengisi waktu luangnya selain dengan nyuci piring, nganter anak, masak, nyetrika mereka juga suka maen PS di rentalan, arisan sama ibu-ibu kompleks, ikut lomba tinju antar-ibu rumah tangga dsb.
Ada juga yang mengisi waktu luangnya dengan mendorong mobil kalo ada yang mogok di depan rumah, siapa tau dapet uang tips?
Kemudian ketika musim Beyblade, ibu-ibu itu ngadain tanding antar kompleks. Waktu musim Tamiya, lomba antar RT. Waktu musim kartu gaple atau domino ya main asal gak digrebek pol PP (mana ada Jepang Pol PP?)
Ya kurang lebih itulah kegiatan mereka, semoga benar-benar tidak membantu. Terima kasih.

Nikita-15 tahun di Kedungsari, Pengasih.
Gue mau nanya kenapa virus flu babi bisa menyebar ampe manusia??

Oke nikita. Mungkin kalo secara ilmiah kita tahu, bahwa yang namanya flu dari sesama mamalia dapat menular. Namun itu ada proses terjadinya.
Berikut ini penjelasannya. Mungkin kita hanya mengetahui bahwa flu babi menular dari babi ke manusia. Namun sebenarnya yang terjadi adalah kebalikannya.
Terutama bagi mereka yang suka berkata jorok. Karena virus masuk mulut ketika mulut orang itu jorok. Misal ketika seseorang terkena flu kemudian mengatakan 'dasar babi lu!!', secara otomatis orang itu telah terkena swain flu.
Baru kemudian setelah orang itu di jalan ketemu babi dan bilang 'ih, babi lu, jijik banget' virus itu langsung bertransformasi menuju tubuh babi.
Jadi sebisa mungkin hindari kata-kata kotor.
Bahkan 4 hari yang lalu di negara Botswana, telah ditemukan flu anjing. Diberitakan setelah seorang warga sipil mengatakan 'anjing lu!!' dia langsung kejang-kejang dan mengeluarkan cairan hijau dari telinganya.
Dia didiagnosa menderita flu anjing, bahkan di Hounduras gejalanya lebih parah lagi, penderitanya tiba-tiba gagap dan cuma bisa gonggong aja!!
Jadi, jaga mulut anda selagi anda bisa!!!

No comments: