Wednesday, September 9, 2009

Anda Bertanya, Eick maenjawab (Ramadhan Edition)

Assalamu'alaikum wr.wb. (Bang Eick keliatan alim gak Pasukan Serigala?)
Yaa, mumpung masuk bulan yang suci ini, bagaimana kalo kita semua insyaf.
Tapi kegiatan harus tetep jalan, jangan cuma tidur mulu, OK Pasukan?

Deka-14 tahun di Glagah.
Gue mau nanya neh Bang Eick, kenapa seh kita harus puasa dan harus nahan laper dan sebagainya?
Gue bingung soalnya gue belum bisa menghayati puasa.
Makasih.

(part 1-bagian serius)
Oke, buat Deka, yang namanya datang bulan Ramadhan adalah bulan dimana pahala 'dibagi-bagikan'.
Dimana hawa nafsu harus dikekang agar manusia dapat maksimal dalam beribadah.
Begitu juga puasa, puasa adalah bagian dari ibadah.
Puasa sendiri punya beberapa manfaat, selain bisa hemat duit buat kita sebagai remaja (mungkin kalo buat Nyokap kadang malah boros), kita juga bisa diet lewat puasa.
Terus gue pernah baca di Facebook yang bilang gini, 'Terima kasih Ya Allah, karena puasa gue jadi ngurangin ngrokok'.

(part 2-Agak gak Konek)
Kalo' masalah nahan laper, udah ada lagunya Bimbo yang 'ada anak bertanya pada Bapaknya, kenapa harus berlapar-lapar puasa'.
Nah kamu bisa search aja liriknya, dijamin kamu bakal tau kenapa kok harus nahan lapar, yang pasti itu melatih diri kita jadi manusia yang prihatin.
Tapi gue pernah baca keluhan yang ditulis di tembok kelas gue (mungkin generasi-generasi lalu) yang tulisannya 'Marhaban Yaa Ramadhan, Ramadhan Yaah Ra Madhang'.
Atau kalo dalam Bahasa Indonesia artinya 'Marhaban Yaa Ramadhan, Ramadhan Yaah Gak Makan'.
Mungkin itu tulisan orang yang gak bisa nahan nafsu dan dirinya, jangan ditiru ya Pasukan?
Semoga bermanfaat.

Afisha-17 tahun di Clereng.
Bang Eick, gue mau nanya, kira-kira kalo pas buka puasa gue makan atau minum apa ya?
Thangsalot!!

Oke buat Afisha di Clereng.
Mungkin kalo Ramadhan gini identik ama yang namanya Es buah, teh anget, kolak pisang dan kurma.
Makanan itu emang cocok buat buka puasa.
Tapi taukah kamu kalo kebanyakan makan(atau minum yak?) kolak bisa buat efek yang gak baik buat diri kita, terutama psikologi kita.
Kayak yang dinyanyikan Gita Gutawa dalam lagu yang berjudul 'Bukan Permainan', dia nyanyi gini:
'Kolak pisang buatku menangis lagi, Kolak pisang buatku bersedih lagi'
Ya kan?
Jadi kalo saran gue, kayak iklan teh botol Sosro, berbuakalah dengan yang manis.
Jadi kamu bisa liat foto Bang Eick (Bang Eick kan manis,wahaha)
Yang pasti air teh manis aja udah cukup buat buka, terus jangan makan kebanyakan.
Gak penting buka pake apa, yang penting kan udah buka tapi gak bikin kekenyangan.
Kalo udah kekenyangan pasti males buat ngapa-ngapain, terutama Sholat Taraweh.
Oke? Semoga membantu.

Jona-15 tahun di Nanggulan.
Gue mau minta saran nih Bang Eick.
Gue suka ngerasa bosen nunggu buka, gue tidur bangun malah capek en aus.
Harus ngapain ya gue Bang?
Thangsalot!!

yayayaya, buat Jona.
Kamu cowok apa cewek seh? Pengaruh nih buat kasih saran tapi gak masalah!!
Oke, yang pasti jangan nunggu buka sambil ngobrol en minum kopi!!
Itu udah pasti batal puasanya!!
Jangan juga nonton bokep en pacaran, menimbulkan syahwat gak baik en puasanya jadi gak ada pahalanya.
Kamu liat dulu kata 'Ngabuburit'.
Menurut istilah etimologi kamus Serigala Tanah, Ngabuburit berarti 'Nunggu buka sambil ngarit' (ngarit=cari rumput-red).
jadi sambil buka kamu bisa nyariin makan buat kambing, kelinci atau sapi kamu, lumayan kan dapet pahala juga?

Yang pasti kamu bisa nyalurin ide, hobi dan bakat kamu buat nunggu buka.
Kalo kamu anak sekolah, abis pulang kamu istirahat sebentar.
Terus abis itu lakuin hal-hal yang positif.
Misal bikin tulisan kagak mutu kayak gue gini, kan itung-itung bagi ilmu(?) juga nyalurin hobi gue,hehe.
Terus kalo kamu suka skateboard, lakuin aja.
Itu juga gue lakuin 2 tahun lalu.
tapi jangan kayak gue, dimarahin nyokap gue gara-gara ampe waktu buka kadang belum pulang,hehe.
Atau hobi apapun lah, yang penting positif dan gak bikin capek.
Oke pasukan?

Cukup sekian, Salam Auuuww!!

No comments: