Friday, September 18, 2009

I Love My Mother

Kasih Ibu kepada beta,
tak terhingga sepanjang masa,
hanya memberi tak harap kembali,
bagai sang surya menyinari dunia.

Lagu yang sangat melegenda terutama dalam hidup gue, apalagi ada peribahasa kasih anak sepanjang galah, kasih ibu sepanjang jalan.
Membuktikan bahwa seorang ibu sangat berarti dalam hidup kita khususnya gue.

Lahir dengan nama Suhartini kemudian mendapat gelar Dra. Suhatini yang kemudian menjadi seorang guru biologi.
Memulai karir menjadi guru SMA 1 Grabag, Purworejo kemudian dipindahtugaskan ke SMP 1 Pengasih, Kulon Progo.

Orang yang sangat berjasa karena telah melahirkan dan merawat gue dengan sepenuh hati.
Mungkin banyak salah yang gue lakuin ke ibu gue ini.
Salah satunya adalah mencoret-coret buku kerja nyokap gue waktu gue masih 2 tahun.
Gue sempet liat buku itu waktu gue SD, tapi sekarang gak tau ke mana tuh buku.
Emang parah banget, gue yang dari kecil hobi gambar dan mencoret-coret buku itu dengan sadis.
Tujuan ibu gue cuma satu, biar anaknya diem dan seneng.
Maaf ya buk!!

Tapi karena kesibukan dan jarak yang lumayan jauh antara Jogja-Purworejo pulang balik berangkat pagi pulang sore, ibu gue harus 'menyerahkan' gue kepada kakek dan nenek gue.
Gue cuma dapet asupan ASI selama 3 bulan, setelah itu minum susu botol (ampe TK masih mengkonsumsi minuman adiktif tersebut, gak heran kalo gue agak gemuk).
Tapi alhamdulillah otak gue gak oon oon banget walaupun ASI nya dibilang kurang.

Gue gak terlalu inget tentang masa-masa kecil gue sama ibu gue.
Yang paling inget adalah ketika ibu gue selalu mengajak gue yang berumur 2 atau 2 tahun buat ke pasar.
Menurut cerita ibu gue, ada yang bilang 'Eh, kayak yang iklan susu Dancow ya?' karena gue tembem kayak model Dancow pada saat itu (gue juga gak ngerti mana orangnya).
Karena gue dulu putih banget kayak cewek, terus ada yang nanya, 'Ini cowok apa cewek ya?' terus kata nyokap gue, tiap kali ditanya gitu gue ngeluarin 'burung' gue biar orang-orang tau.
Dasar Bad Little Eick.
Gue paling sedih dan pengen nangis kalo nyokap nanyi lagu 'Dondong apa Salak', gak tau kenapa, latar historis yang aneh.

Seiiring berkembangnya waktu, ibu gue gak terlalu sibuk ngurusin pekerjaan dan ada waktu buat gue dan adik gue, Ales.
Apalagi karena gue dan Ales yang makin gede, jadinya makin terbuka buat sharing dan bercanda.

Kadang kadang ibu njengkelin banget, suka marah marah, suka ngerjain gue.
Pernah gue pas gue SD, gue tanya ke ibu,
'Surat Supersemar ilang kemana toh bu?'
eh, nyokap gue bilang,
'Kan ada ajudan yang suruh bawa, eh pas di tengah jalan dia pengen boker, karena gak ada WC dan cuma ada kali, tuh orang eek di situ dan suratnya hanyut bareng eek dan air kali itu'.
Dan gue percaya aja.
Ampe sekarang masih aja dibahas, gue sebel.

Tapi sesebel apapun gue, gue harus menghormati ibu gue.

Beberapa data-fakta tentang ibu gue:
1. Workaholic (kadang ampe lupa waktu dan cuma bisa ngeluh 'capek banget e Ric')
2. Gak suka ama Ahmad Dhani yang kata ibu gue arogan banget, sombong dan kawan-kawannya.
3. Gak suka ama Ruben Onsu (Gue, Ales dan nyokap emang gak suka ama tuh orang).
4. Gak suka Agnes Monica.
5. Gak suka Ivan Gunawan (Tiap ada suaranya Ivan di Tv, ibu pasti bilang 'Kok kayak suaranya iguana? pindah donk!! gak enak didenger).
6. Kayak gue, gak suka sinetron.
7. Agak gaptek teknologi jaman sekarang.
8. Benci anak kecil yang 'pecicilan' sama ortunya.
9. Suka ama Jeng Kellin alias Nycta Gina (percaya atau gak, pernah ibu gue potong rambut kayak Jeng Kellin).
10. Suka ama Scorpions, The Beatles, Mayumi Itsuwa dan Bryan Adams (kayak wanita 80'an pada umumnya yang suka Bryan Adams).
11. Suka dengerin musik easy listening yang gue punya, kayak Muse dan Green Day (khusus buat Muse, pernah nanyain 'Kok gak pernah nyetel lagu yang judulnya "Starlight"?').
12. Suka sebel ngeliat kamar yang berantakan.
13. Hobi marah-marah kalo ada pemulung yang suka ngambil barang sembarangan di sekitar rumah gue.
14. Hobi debat vs Gue!!
15. Suka nonton opera van java dan Take Me/Him Out.

Aapalagi ya? Banyak banget sih, tapi gue lupa dan males buat nulisnya. :)
(Sekarang lagi ngidam beli kulkas baru, kontra ama gue dan Ales, soalnya selain penyebab Global Warming, kulkas bakalan nambah daya listrik rumah gue yang bakal bikin komputer idup-mati!!).
Apapun yang kamu lakuin bu, aku tetap sayang ibu!!
I Love You, Mom!!
Still Be a Funny Mom for your Childern!!

No comments: