Sunday, September 13, 2009

Tidur dalam kelas, Salahkah?


Irwan tidur




Nia tidur





Kenapa gue mengangkat topik ini?
Soalnya gue selama sekolah selalu 'disuguh' aksi tidur dalam kelas saat pelajaran.
Mungkin kalo' pas gue SD gak ada yang berani buat tidur dalam kelas.
Tapi mulai SMP aksi tidur dalam kelas acap kali dilakukan.
Dari Dimun temen sebangku gue sendiri, Yuda, Nino, Muna ampe Adit.
Pas SMA malah semakin menggila.

Mungkin puluhan kasus tidur dalam kelas terjadi.
Yang paling sering 'menelan korban' adalah hari setelah kegiatan kayak PKL, Camping dan Pesantren, termasuk gue.
Beberapa kasus tidur antara lain:
1. Toni yang tidur dalam kelas pas pelajaran agama soalnya dia baru aja pulang dari Surabaya buat nonton PSIM vs Persebaya.
Toni sempat difoto sama Pak Ibu (guru agama-red).
yaelah, bukan fotomodel pake difoto segala.

2. Vio tidur pas pelajaran apa gue lupa.
Gurunya dateng terus gue bilang 'alihan' atau dalam bahasa Jawa berarti 'minggir'.
Entah apa yang dipikirin pada waktu itu, apa dia mengira gue bilang 'alien' atau gimana, dia kaget setengah mati kayak mau lari gitu.
Semua temen-temen ketawa liat dia.

3. Yosi tidur pas pelajaran Kimia.
Toni punya ide buat bikin kegaduhan biar Yosi kaget.
Semua temen-temen diinstruksikan buat bikin suara-suara rame kayak mukul-mukul meja, dsb.
Walhasil Yosi bangun dengan kagetnya dan misi berhasil mutlak.

4. Irwan tidur pas pelajaran Biologi (kelas 11)
Saat itu Bu Lilik (baca: guru Biologi) tau kalo dia tidur, tapi didiemin aja sama Beliau.
Karena itu ampe jam terakhir, ampe pulang Irwan pun masih tidur.
karena gue kasian, gue bangunin aja.
Gue bilang 'wan, trantib wan, trantib'.
Dia bangun dan bilang, 'heh?' dan ada aliran air liur alias ngiler dari mulutnya.
Temen-temen belum pulang pada liat dan cuma bisa ketawa ngeliatnya.

5. Hari Senin setelah PKL di Jogja dan Gunungkidul.
saat itu murid yang datang cuma 2/3 dari keseluruhan.
hari itu uadah gak libur, pake acara upacara segala.
Alhasil setelah upacara, gue menginstruksikan kepada semua siswa cowok (kecuali Bogie dan Eko) buat ke UKS untuk istirahat,hehe.
Gue juga bingung, kenapa Bogie dan Eko gak ikutan?
Ternyata mereka milih buat tidur di kelas, kampret!!
Mungkin itu adalah pembangkangan terbesar? Tidak!!

6. Hari Senin, hari setelah Camping di Baturaden.
Siswa cowok yang berangkat cuma 2 orang, yang lain istirahat di rumah.
banyak yang alfa alias tanpa surat ijin termasuk gue.
Yang berangkat total pada waktu itu cuma 15 orang alias setengahnya dikurangin 3.
Yah, inilah kelas XE. Kelas yang memiliki slogan kalo' di dalam kelas sendiri 'Ini kandang kita' berpantang takut kepada guru, solidaritas adalah Dewa.

Terus pas pelajaran agama kelas 11 hari Senin 7 september lalu, gue ngobrol sama Bayu yang berusaha buat tidur.

'Kok tidur?' gue nanya ke Bayu.
'Semalem main kartu sama Pak Akbar Tandjung ampe subuh' kata Bayu.
'hahahahahahaha' kita ketawa bareng-bareng.

Terus dia malah berceloteh panjang kali lebar yang kurang lebih isinya kayak gini:
'Gue cocok gak jadi anggota DPR?' tanya Bayu ke Gue.
'Gak, kenapa emang?' kata gue.
'Kan yang punya hobi tidur bisa disalurin lewat DPR, pas sidang bisa tidur, pas rapat tidur' celoteh Bayu.
'Hahahahaha' kita ketawa lagi.
'Kamu gak tau kan, dalam tayangan TV saat SBY marah-marah gara-gara pas beliau pidato ada yang tidur itu?'
'Iya, tau kenapa emang?' tanya gue yang sebenarnya tau arah pembicaraannya.
'Itu yang tidur gue!!' kata Bayu.
'Hahahahahaha' ketawa lagi.
'Gue kaget banget tuh pas pak SBY bilang "tolong yang tidur itu dibangunin", gue langsung bangun plus ngelap iler gue, gue malu banget'
'Hahahahaha' ketawa lagi.

No comments: