Saturday, April 10, 2010

Indonesian's Invasion

Pernah liat gedung ini?
Pernah muncul di serial Mr. Bean ketika malam natal.
Ya, Harrods namanya, adalah sebuah mall mewah yang terletak di tengah kota London. Mulai dari tanggal 8 April hingga sebulan ke depan, sederet etalase di Harrods akan diisi produk-produk unggulan dari Indonesia. Tulisan “Remarkable Indonesia” berjajar di sepanjang kaca etalase yang berisi kain batik, furnitur, perhiasan, gunungan wayang kulit, wayang golek, berpadu warna-warni ditutup pojok etalase berlatar belakang candi Borobudur.

Priatna, warga Indonesia dari Brussel yang sedang berlibur di London mengungkapkan kebanggaannya, “Berdiri di luar, melongok ke kaca etalase Harrods London kali ini, tidak hanya Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris merangkap Irlandia, Yuri O Thamrin yang patut berbangga, tetapi sebagai orang Indonesia yang melintas di super mall mewah Harrods-London ini pantas bangga dan berdecak. Ternyata barang dan produk Indonesia kelihatan bagus, mewah terpajang di tempat bergengsi ini”.

Adalah Dwiki Miftah, Koordinator Fungsi Konsuler merangkap Head of Chancery KBRI London yang berjasa membawa Priatna menengok Indonesia’s Corner di Harrods-London ini.

“Menghadirkan Indonesia di super-mall Harrods yang terkenal ke seluruh penjuru dunia adalah langkah promosi terobosan mengundang pelancong melihat Indonesia dari sudut kota London. Puluhan ribu pelancong dan warga Inggris sendiri setiap hari berduyun mendatangi Harrods. Berkunjung ke London tanpa ke Harrods terasa tidak lengkap. Esensi dan peluang itu yang kita tangkap”, kata Duta Besar RI untuk Inggris dan Irlandia, Yuri O Thamrin.

Kerjasama KBRI London, Kementerian Perdagangan, Kementerian Budaya dan Pariwisata-Jakarta mengusung Indonesia masuk ke pasar Harrods adalah langkah maju yang sepatutnya juga dilakukan di banyak tempat.

Tidak hanya lewat etalase, gala dinner, tapi juga struk/bon tanda bukti pembayaran belanjaan di Harrods bertuliskan Remarkable Indonesia “Visit the Food Hall to sample Indonesian Cuisine and see Indonesia Fashion, Art, and Design, in the Exhibition Windows”, bisa menjadi kenangan indah yang istimewa dan mahal harganya.

No comments: