Sunday, June 20, 2010

Seringai

Ini mungkin bukan Biografi apalgi Biodata, namun gue mencoba sedikit menceritakan sejarah tentang SERINGAI.
(Ki-Ka : Khemod, Ricky, Arian, Sammy)

Ini dia personel Seringai :
Arian13 - Vocal (lahir 5 Agustus)
Ricardo Siahaan - Guitar (lahir 5 Mei)
Kemod/ Domekide - Drums (lahir 5 November)
Sammy Bramantyo - Bass (lahir 15 Maret)

Pada awal tahun 2002, ketika band Puppen sudah bubar, Arian13 (Puppen, Aparatmati - penulis fanzine Tigabelas, makanya namanya jadi Arian13) dan seorang kawannya yang berprofesi sebagai drummer, Khemod (Aparatmati) dan bapak Ricky Siahaan (Stepforward) membentuk sebuah band bernama SERINGAI.
Ya, mereka awalnya berhasrat untuk memainkan musik seperti Motorhead, Black Sabbath, Slayer, MC5, dan mereka mulai jamming bersama setelah Toan (bassis) masuk.Mulai saat itu mereka mulai main di beberapa (cukup banyak malahan) gigs di Jakarta dan Bandung khususnya.

Ada beberapa lagu yang menjadi favorit ketika mereka bermain, seperti 'Alkohol' dan 'Membakar Jakarta'.Akhirnya Seringai semakin terkenal, tiap gigs pasti penuh, sing-along sudah pasti, beer muncrat, stagedive juga, mantap dah!

Tidak lama, Toan keluar dan digantikan oleh Sammy Bramantyo (bukan Sammy Kerispatih lho ya!).Mereka kemudian merekam 9 buah lagu, termasuk meng-cover lagunya Black Flag yang 'Jealous Again'.
Album tersebut diberi nama High Octane Rock pada tahun 2004 dalam format kaset tape melalui label mereka sendiri, Parau.
Tanpa promosi gede-gedean dan RBT, mereka berhasil menjual 15.000 kopi kaset.

Lagu mereka juga sempat mengisi Soundtrack Film kayak film Catatan Akhir Sekolah dan 12:00 AM.Dengan sukses tersebut, fans SERINGAI semakin banyak, mereka menamai diri mereka sendiri, yaitu SERIGALA (SERIGALA SERINGAI).
Fans mereka beragam, gak cuma remaja tanggung, tapi bervariasi dari 15 tahun ampe pecinta Old School Rock umuran 40 tahun, Mantap!!

Kemudian album mereka akhirnya rilis dalam format CD.
Hanya dalam 2 bulan berhasil terjual 2000 kopi (emang gak se-massive ketika penjualan dalam bentuk kaset, tapi cukup lumayan).
Mereka tak pernah berhenti memanjakan para fans mereka, meskipun hanya tampil dalam gigs kecil bahkan di daerah terpencil.
Akhirnya pada tahun 2007, mereka merilis album kedua mereka, SERIGALA MILITIA yang menuai banyak pujian, baik dari kalangan Underground maupun Mainstream.Dalam album ini mereka menunjukkan kedewasaan mereka tanpa mengubah musik yang sudah menjadi 'trademark' mereka sendiri.

Ada beberapa track yang sangat dinanti para SERIGALA, seperti 'Mengadili Persepsi', 'Amplifier', dan 'Citra Natural'.
Mereka juga merilis video (dokumenter kan?) berjudul 'GENERASI MENOLAK TUA' yang gue sempat liat (tapi belum beli, maaf ya mas Arian) yang di dalamnya banyak musisi dan artis.
Ada Riann Pelorr (Dagger Stab), Lani Leyli (Amazing in Bed), dan masih banyak lagi.

Soal kontroversi, SERINGAI pernah berurusan dengan aparat (11 September 2008).
Hal tersebut terkait dengan T-Shirt yang terinspirasi dari lagu mereka 'Lencana'.T-Shirt tersebut bertuliskan 'Melindungi dan Melayani.. Siapa?'.

Alhasil distro-distro disweeping
Entah apa yang membuat aparat melarang pekerja seni untuk berkarya.




Sumber : MySpace.com/highoctanerock dan beberapa tambahan.

No comments: