Sunday, August 8, 2010

Ramadhan Datang

Kalo' kata bang Tompi, 'Ramadhan datang, alam pun riang'.
Yap, bener banget tuh kata bang Tompi, bukan cuma umat muslim aja yang gembira dengan datangnya bulan Ramadhan, tapi seluruh dunia.
Kita semua gembira karena pahala dan kebaikan akan 'dibagikan' secara cuma-cuma.
Kita juga bersyukur masih bisa berjumpa dengan Ramadhan tahun ini.
Dan insya Allah, dengan datangnya bulan Ramadhan kita jadi semakin beriman dan peduli terhadap sesama.

Tapi apa yang udah dipersiapkan buat Ramadhan kali ini?
Baju kah? duit kah? atau apa?
Yang paling penting untuk kita persiapkan adalah fisik dan mental, juga termasuk hati.

Sebelum Ramadhan, sebisa mungkin jaga fisik kita agar tetap fit.
Jangan sampai di awal Ramadhan justru sakit flu, demam, dsb.
Karena itu akan sangat mengganggu aktivitas kita ketika menjalankan puasa.
Juga selama Ramadhan menu makanan juga tetap harus dijaga.
Jangan pas buka puasa malah langsung minum es banyak banget, karena bakal bikin drop.
Begitu juga saat sahur, hindari makanan yang terlampau pedas agar perut kita tetap nyaman ketika berpuasa.

Nah, yang kedua ini jauh lebih penting, hati dan pikiran kita.
Oke, gak munafik kalo' gue suka berpikiran negatif, suka menggunjing, dsb.
Nah, itu lah gunanya bulan puasa, agar kita menahan perilaku kita yang dikontrol oleh pikiran negatif.
Karena banyak orang berpuasa hanya memperoleh lapar dan haus karena pahalanya sepadan dengan dosa yang dibuat.

Kita sebagai generasi muda sudah saatnya sadar dengan kebutuhan rohani kita sendiri.
Toh kita sendiri yang membekali diri kita, entah mau ke Surga atau Neraka.
Ikut pengajian emang bagus buat generasi muda kayak kita.
Tapi kalo' niatnya cuma buat ngeksis doang, biar bisa kumpul-kumpul sama gank-nya, tapi makna dan kandungan dari pengajian tersebut tidak diresapi dan dijalankan, ya sama aja boong kan?
Jadi, setiap kita melakukan hal yang baik selalu dengan niat yang baik pula.

Ramadhan adalah surganya pahala.
Jadi marilah kita berlomba-lomba untuk mengumpulkan pahala untuk diri kita sendiri.
Tapi meskipun puasa tetap boleh headbanging!! \m/

Serigala Tanah mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa :)

2 comments:

Gaphe said...

met puasa jugaa!

Vany Naura said...

happy fasting :) semoga ramadhannya berkah ya :D