Sunday, July 24, 2011

Weezer, Rivers and Soccer

Ada pertanyaan yang mengganjal di dalam hati gue tentang Weezer.
Apakah ada kaitannya band ini dengan sepak bola?
Padahal di Amerika Serikat olahraga sepakbola (di amerika disebut Soccer) kurang populer daripada American futbol, basket dan baseball.

Weezer mengenakan kostum sepakbola
Tapi Weezer justru membuat sebuah lagu untuk memberi semangat kepada timnas sepakbola negeri Paman Sam tersebut.

Well, mereka menciptakan lagu 'Represent' yang digunakan untuk membakar semangat para pemain di Piala dunia 2010 lalu.
Video klip-nya sangat nasionalis dengan mengambil beberapa cuplikan pertandingan Amerika serikat.




Video klip Represent

Tapi bukan itu saja pertanyaan gue tentang Weezer dan sepakbola, bukan lagu Represent saja.
Dalam video klip 'Say ain't So' terlihat para personel Weezer sedang melakukan juggling menggunakan bola kecil.
Skill mereka tidak terlalu payah, bahkan cukup oke.

Nah, rasa penasaran gue langsung terjawab ketika gue search 'Weezer and Soccer'.
hasilnya banyak yang menguatkan bahwa 2 aspek ini memang berkaitan.
Tapi yang paling menonjol adalah aspek sang vokalis, Rivers Cuomo.

Ada apa dengan Rivers cuomo?
Rivers Cuomo memiliki seorang ayah yang masih keturunan Italia-Amerika.
Wajar jika lingkungannya kental dengan sepakbola yang waktu itu ia tinggal di New York.
Pada usia 4 tahun Ia harus berpisah dengan ayahnya.
Kemudian ia hanya bisa mengagumi ayahnya dan sepakbola.
Waktu itu tahun 1977, Ia kembali mengunjungi ayahnya dan mengajaknya untuk menonton sang legenda sepakbola, Pele yang waktu itu bermain untuk new york cosmos.



Rivers Cuomo mengenakan kaos timnas Amerika serikat
Waktu kecil ia bercita-cita menjadi atlet profesional, namun cedera pada kakinya ketika ia berusia 11 tahun memaksanya untuk mengubur semua mimpi menjadi atlet profesional.
Ia mengalami kekecewaan dan kesedihan hampir selama 2 tahun.
Kemudian ia mengubah passion-nya ke bidang musik, ia mulai belajar tentang gitar musik  heavy-metal.

Setelah ia sukses dengan Weezer, ia melakukan operasi yang cukup radikal.
Memang, sebelum dioperasi kaki kiri Rivers lebih panjang 4,4 cm daripada kaki kanan.
Dan meskipun sudah dioperasi, masih terlihat bahwa kakinya tidak bisa sembuh total ketika ia berlari.

Meski begitu, kecintaannya pada sepakbola tidak pernah pudar.
kecintaannya pada LA galaxy dan US Soccer Team.
Bahkan Ia tidak pernah absen dalam 3 pagelaran Piala Dunia terakhir.
Ia juga pernah terlibat dalam laga eksebisi, yang juga dimeriahkan oleh Landon Donovan (pemain LA Galaxy dan timnas Amerika) serta Mia Hamm (pemain timnas wanita).
Bahkan Ia mencetak sebuah gol dalam pertandingan tersebut. Gooooool!!





Lover in the Snow - cerita tentang Rivers dan sepakbola
 
Well, Rivers, go on!!

Monday, July 18, 2011

Akhir : Play Your Games

Man, apa yang bakalan kamu lakuin kalo jam pelajaran lo lagi kosong?
Belajar kayak gini? That's all shit!!


Pada sok rajin, hahaha

Atau gila kayak gini?


Paling kiri mukanya gak nguatin gan!!

Ini beberapa pengalaman dan tips tips buat kalian ketika jam pelajaran kosong.

1. Futsal
Futsal di lapangan sekolah
Waktu gue jaman SMA dulu, terutama pas kelas X, gak ada alasan buat gak futsal pas jam kosong.
Entah pake bola siapa gak peduli, entah pinjem atau nyolong yang penting ada bola.
Kalo ada kelas lain yang juga kosong kita ajakin, tapi kalo gak ada kita main sendiri.
Kalo bahasa Jawa-nya dikenal nama 'kucingan' (tapi gue gak tau apa bahasa Indonesia-nya).
Jadi biasanya diundi dulu, bola dijatuhin, entar yang kena jaga.
Dibatasi sebuah kotak kecil dimana semua peserta harus saling oper dan jangan sampe si kucing ngrebut bola.
Biasanya yang curang tuh Yosi, misalnya dia gak bisa jangkau tuh bola dia alesannya 'Wah umpan e elek' (wah umpannya jelek), jadinya kan bola keluar, terus yang jaga yang ngasih umpan.
Satu lagi, kalo bola berhasil melewati kamu lewat kolong kaki, kamu harus salaman sama semua peserta.
Nah yang paling sering ke-kolong adalah Adhi, jadinya dia yang paling sering salaman sama semua peserta.

Tips: lihat di sekitar anda, apa ada orang yang suka bacot dan suka lapor ke guru atau gak.
Jika ada, mending tunda dulu niat buat futsal, hajar tuh anak yang suka bacot, kalo udah kelar baru lanjut.
Soalnya pernah gue pas kelas XI futsal dilaporin ke TGY, alhasil gue yang kena, mana temen yang lain pada ikut ikutan nunjuk gue!
Persetan! Nah itu yang paling penting, cari temen yang loyal, kalo kena ya kena bareng, jangan nunjuk sembarangan, jangan tendang sembunyi kaki.

2. Main Kartu
Poker Face
Entah kartu Uno atau kartu Remi gak masalah, yang penting bisa buat rame rame.
Mungkin kartu Uno lebih modern dan aturan agak lebih ribet walau pada dasarnya cuma menyamakan warna atau angka aja.
Yang suka bawa kartu ini si Wiwin walaupun cuma minjem pacarnya, si Deni.
Tapi yang paling asoy adalah main remi, tapi yang paling nge-hip adalah 'Poker' (walaupun gue gak yakin apa aturan 'Poker' itu kayak gitu).
Yang suka bawa kartu kalo gak Rina ya Wiwin.
Yang ahli main poker adalah mbah Irwan sama Fito, bisa dibilang mereka dedengkotnya, hahaha.
Tapi ada juga kartu domino, tapi peminatnya gak banyak, paling cuma gue, temen sebangku gue Bayu, sama mbah Irwan.

Tips: permainan ini membutuhkan alas yang cukup lebar atau besar, terutama kalo pesertanya banyak.
Yang paling penting harus rela mulai dari awal kalo misalnya ada guru, karena kartu langsung kita geser, kita kumpulin, kadang dijatuhin di bawah meja biar aman.

3. Main catur
Ini salah satu permainan paling berkelas dan paling bergengsi yang ada di kelas gue.
Memang membutuhkan intelejensi yang cukup.
Peserta yang bisa dari kelas gue gak banyak, ada gue, mbah Irwan, Fito, Ibnu, Bowo, kadang Bogie, kadang bos Heru. Di bagian cewek ada Acun, terus siapa lagi lupa.
Yang suka bawa tuh si Bayu, padahal dia gak bisa main catur man! Fito juga pernah beberapa kali membawa.


Pertandingan antara Bowo vs Irwan
Tips: kalo sedang Jum'at bersih jangan sekali-kali main catur, terutama kalo ada wali kelas (waktu itu bu LA).
Karena waktu itu temen gue pada catur akhirnya disita, yang janjinya kalo udah lulus mau dikembaliin, eh ampe sekarang juga belum dikembaliin.

Jangan ditiru: pas diskusi Bahasa Inggris tentang review, gue sama temen satu kelompok malah catur.
Pas ditanya sama Mrs. Cama 'have you finished?', cuma bisa jawab 'belum', terus dilihat deh itu lagi main catur, untung gak jadi diambil.
Yang paling parah adalah pas ulangan Biologi gue malah catur sama Acun di belakang, eh Pak Basuki malah cuma diem aja tanpa curiga dan rasa amarah, hahaha.

4. Sobyong
Kalo nasionalnya semacam 'ABC Lima dasar'.
Tapi kita gak main yang standar kayak nama buah, nama hewan dan semacam itu, kita sebutin nama cewek yang ada di sekolah, hahaha.
Kadang juga nama pemain bola, pelatih bola ampe nama guru.
Karena sedikitnya ragam nama guru, kadang kita ngarang-ngarang sendiri, misal yang huruf 'F' bisa jadi 'Fak Ibnu', 'Fak Sueb' dan Bafak bafak guru lainnya.
Kadang kalo 'O', nama bu 'Ossy' udah ketebak kita kadang nebak 'O..walah bu Endah' 'O...walah Pak DT' dsb.
Tapi kadang permainan ini berakhir dengan kata kata cenderung kasar dan vulgar, hahaha.

Sebenernya ada beberapa permainan lagi, kayak main PES di hape bos Heru, 'tlunyuran' (apa ya bahasa Indonesia-nya, pokoknya lari di lantai yang licin gara gara debu atau pasir gitu lah), bahkan main motor-motorannya si Fai (anaknya Sarpun penjaga sekolah).


Motor-motoran punya Fai

Tonight Alive

Beberapa waktu lalu gue searching chart musik di salah satu website.
Lalu gue menemukan sebuah nama 'Tonight Alive' dengan lagunya 'Breaking and Entering', langsung deh gue download lagu itu.
Pas didengerin... *speechless*


Kalo kamu suka banget ama Paramore atau Hey Monday, band ini layak dan sangat pantas buat kamu dengerin.
Sound-sound yang dihasilkan sebenarnya tidak jauh berbeda, spirit pop punk-nya pun sama, vokalisnya juga cewek, so, mending langsung dengerin aja guys!

Tonight Alive

Band ini merupakan sebuah band pop punk berformat lima orang yang berasal dari Sydney, Australia dengan frontman yang masih berumur 17 tahun Jenna McDougall.
Banyak yang menyamakan Jenna McDougall dengan Kendra Wilkinson waktu masih muda.
Lalu ditemani oleh Whak pada gitar, Cam pada bass, Jake pada gitar dan Matt pada drum.
Band ini dibentuk pada tahun 2009 lalu band ini langsung menarik perhatian dan menjadi band pembuka bagi 3OH!3 dan juga Lostprophets.
Hal itu juga yang membuat band ini langsung dikontrak sama Sony Music Worldwide.
Musik mereka memang sangat catchy dan cukup berenergi.
Saat ini yang lagi ngehits mungkin adalah 'Wasting Away' yang video klip-nya sudah diputar di beberapa tv luar negeri.

Salah satu perform mereka

Band ini kemudian merilis debut album mereka, 'All Shapes and Disguises' pada Juni 2010, kemudian beberapa waktu lalu juga merilis album EP yang berisi 3 lagu.
Saat ini band ini sempat berada di Amerika Serikat untuk bekerja bersama Mark Trombino (Jimmy Eat World, Blink 182) untuk mengurus kelanjutan album 'All Shapes and Disguises'.


Beberapa lagu andalan mereka antara lain Wasting Away, To Die For, Invincible, Closer, My Favorite Thing, Ten Times Better, etc.
Band ini juga didaulat untuk menjadi band tamu dalam acara Fruit Tea RockVolution bersama Marky Ramones, The Datsuns, Rufio dan Destine.

Sunday, July 3, 2011

Big Little Artist

Saat ini adalah masa rehat atau liburan bagi anak anak sekolah ya.
Dimana gue jadi inget pas jaman TK atau SD dulu, dimana pas musim liburan kayak gini acara di TV menjadi surga bagi kita para anak kecil.
Selain acara film kartun dan acara anak yang edukatif, ada juga artis-artis cilik yang menghibur kita. seperti Sherina, Joshua, Maisy, Tina Toon. Terus siapa lagi ya? Dan apa kabar mereka saat ini?

Metamorfosis Agnes Monica

1. Agnes Monica
Setelah saya search di Google, Agnes Monica adalah artis cilik yang terkenal dengan lagu 'Yess' dengan duetnya bersama Eza Yayang. (gan, tau kan Eza Yayang yang mana? yang main di Sketsa itu lho sama vokalis DOT apa ya. Ente kalo liat foto jaman itu bakal ngakak gan, hahaha)
Setelah itu Agnes Monica selalu muncul di acara TV, terutama sinetron. yang paling gue inget adalah 'Pernikahan Dini'.
Suka atau tidak, Agnes adalah salah satu mantan artis cilik yang sukses setelah dewasa.
Ia menjadi penyanyi yang mempunyai banyak fans, model iklan, berbagai penghargaan lokal maupun internasional pun berhasil dia sabet, dsb.

Sherina

2. Sherina Munaf
Lebih dikenal dengan nama Sherina, adalah penyanyi cilik yang dulu sangat melejit dengan lagu 'Andai Aku Besar Nanti' dan film 'Petualangan sherina' bersama Derby Romero.
Bisa dibilang Sherina adalah salah satu mantan artis cilik yang tetap eksis di dunia entertainment terutama di bidang menyanyi.
mantan kekasih Raditya Dika ini juga mempunyai karya-karya yang cukup apik plus talenta yang dimilikinya, tidak heran jika ia juga mempunyai fans yang setia.

Sama kerennya ya gan, haha

3. Bondan Prakoso
Terkenal melalui lagu yang berjudul 'Lumba-lumba' yang begitu fenomenal.
ketika menginjak dewasa pun ia tetap eksis di dunia musik. Pernah tergabung dengan Funky Kopral, kini ia sukses bersama band-nya Bondan And Fade 2 Black.

Apa kabar mereka?

4. Trio Kwek-Kwek
Ini adalah trio paling fenomenal di tahun 90-an setelah Nirvana, hehe.
Ngehits dengan beberapa lagu seperti 'katanya' dan 'bis sekolah', keberadaan para personelnya mulai dipertanyakan.
Mungkin Dhea Ananda sempat tetep eksis dengan beberapa kali bermain peran dan menjadi pembawa acara gosip. Namun kini sudah jarang muncul.
Apa kabar Leony? sempat menjadi pemain sinetron, mantan kekasih Eros SO7 ini sudah jarang muncul, apa lagi di bidang menyanyi.
Affandi, apa kabar anak ini? beberapa situs menyebutkan dia kuliah di Amerika gan, gak tau juga benernya.

Wajahnya tetep sama

5. Chikita Meidy (Chiquita Meidy)
Dulu terkenal dengan beberapa lagu seperti 'Huruf Hijaiyah', 'Kuku-kuku', 'Allah Maha Besar' dsb.
Dulu dia menjadi idola bagi anak anak seusia gue.
Waktu remaja Ia kembali dengan lagunya yang berjudul 'tergantung Kamu'.

Yang ini gak yakin gan, haha

6. Cindy Cenora
Entah kenapa gan, dulu pas kecil gue ngenggep dia adalah artis cilik paling cantik, hahaha.
Pernah melejit dengan lagu 'Aku Cinta Rupiah' dan 'Krismon', Cindy Cenora menjadi idola pada saat itu.
Terus pas udah remaja kayak apa ya gan?
Search nama dia tidak ada hasil yang memuaskan gan. Twitter pun gak ada.
Ampe gue nemu facebook dengan nama Cindy cenora, tapi entah fotonya benar2 dia pas udah dewasa atau bukan, jujur gue pun gak yakin.
fotonya di atas gan.

gedenya cantik ya gan? :D

7. Maissy Pramaisshela
Ini anak fenomenal banget waktu itu gan!
Terkenal lewat acara di SCTV 123, Ci Luk Ba! dan beberapa lagu kayak 'Kuman Kuman Nakal', 'Jumpa Lagi' dan 'Idola Cilik'.
Banyak banget juga album yang dulu keluar.
Tapi sekarang apa kabar ya gan? Ini dia fotonya.

Yang ini gedenya lebih cantik! :D

8. Tina Toon.
Cukup kata ulang, BOLO-BOLO!
Lagu yang sangat fenomenal dengan leher yang berputar, hahaha.
Kembali lagi pas dewasa dengan body yang sudah oke gan.

Sang fenomenal

9. Joshua Suherman
Salah satu ikon artis cilik pada saat itu.
lagunya ngegemesi, 'diobok-obok' sangat melegenda.
Terkenal juga dalam film 'Joshua oh Joshua'.
Kini ia mempunyai band bersama adiknya. Ia juga tetap eksis di dunia akting dalam beberapa FTV.

Imutnya gak jauh beda, hahaha

10. Tasya Kamila
Siapa tak kenal dengan 'Anak gembala' yang satu ini.
Banyak lagu yang ngehits lewat suaranya.
Pernah berkolaborasi dengan Duta juga.
Masih sempat tampiil saat dewasa, namun lebih sering menjadi bintang tamu acara talkshow.
Sampai dewasa pun Ia tetap terlihat imut-imut gan.

Untuk tau lebih banyak artis cilik di tahun 90an, bisa mengunjungi http://bintangkecil90.blogspot.com
Ini adalah beberapa foto artis cilik jaman kita, kayak Bo Bo Ho, temennya Bo Bo Ho, ampe Macaulay Culkin

Hao Shaowen alias Bo Bo Ho

Shi Xiao Long alias temennya Bo Bo Ho

Macaulay Culkin alias Kevin McCallister & Richie Rich

Saturday, July 2, 2011

Akhir: Ingin Hilang Ingatan

Ini adalah episode kedua dari cerita 'Akhir'.
kali ini gue bakalan cerita tentang sebuah lagu yang sangat melegenda di kelas gue.
Ini gara gara kemarin Kamis gue abis nonton Rockets Rockers ngebawain satu lagu yang adem banget dan gue langsung mikir, 'It's so High School!'

Foto crowd di GOR UNY (taken by Ucay)


Saat lagu 'Ingin Hilang Ingatan'

Nice Show
Sekilas tentang lagu ini, lagu ini berjudul 'Ingin Hilang Ingatan'.
Lagu ini emang dalem banget bro, seakan akan ini lagu bisa bikin kita galau semalaman, hahaha.
Ini dia liriknya:
Menghilanglah dari kehidupanku
Enyahlah dari hati yang telah hancur
Kehadiran sosokmu kan menyiksaku
Biarkan di sini ku menyendiri

Pergilah bersamanya di sana
Dengan dia yang ada segalanya
Bersenang senanglah sepuasnya
Biarkan di sini ku menyendiri

Terlintas keinginan tuk dapat
Hilang ingatan agar semua terlupakan
Dan ku berlari sekencang kencangnya
Tuk melupakanmu yang telah berpaling

#
Di sini, kembali
kau hadirkan ingatan yang seharusnya ku lupakan
dan ku hancurkan adanya (2x)

Letih.. di sini..
ku ingin hilang ingatan (4x)

#

Pergilah bersamanya di sana
Dengan dia yang ada segalanya

Download di sini

Ini adalah lagu yang bisa jadi soundtrack of our lives, termasuk gue, hehe.
Tapi parahnya, gue lebih gampang inget karena lagu ini sering dinyanyiin sama artis kelas gue, yaitu Hanif a.k.a Tejo.
Kenapa begitu 'spesial'?
Karena dia nyanyiin lagu ini dengan nada atau logat ala-ala Ucay yang rada-rada 'bindeng' kalo orang jawa bilang.
Nah hal itu spontan langsung memicu reaksi dari berbagai teman kayak si Yoshi yang bilang 'meneng o, Jo!' atau mungkin juga Toni bahkan si Vio.
Tapi jujur, suara itu cukup mengganggu, hahaha.

Satu lagi, lagu itu pernah dibawain pas semacam pensi atau api unggun pas camping.
Si Tejo ngajakin gue yang alhamdulillah hafal lagu itu, hehehe
Si Tejo main gitar (alhamdulillah cuma main gitar) dan gue yang nyanyi.
Dan ternyata, jeng jeng, gak ada alat semacam microphone dan sebagainya.
Dan parahnya lagi, harus pake alat bernama TOA alias Horn.
jreng jreng, lalalala, lagu itu dinyanyiin hampir kelar, eh baru nyadar kalo suaranya gak masuk dan seakan penontonnya gak denger kita ngapain, hahahaha.
That's so bad hahaha.

mungkin itulah lagu yang menjadi legenda di kelas XE.
God Bless Rocket Rockers!!

Foto courtesy: @AdjieBonz, @mochamadandika, dan tentunya @rocket_rockers

Neon Trees

Akhir akhir ini gue lagi seneng dengerin lagunya Neon Trees.
Entah kenapa musiknya dapet aja gitu kalo didengerin, cukup upbeat tapi tetap easy listening.
Lalu gue penasaran dan coba cari tahu dan akan gue bagikan kepada anda anda sekalian, monggo :)

L-R: Elaine Bradley, Branden Campbell, Tyler Green, Chris Allen

Neon Trees merupakan band alternative rock (cenderung ke arah indie rock) yang berasal dari Provo, Utah, Amerika Serikat.
band ini mulai melejit di akhir tahun 2008 ketika menjadi band pembuka bagi band band seperti The Killers.
Sebenarnya band ini terbentuk oleh Tyler Green yang juga tetangganya Chris Allen, yang kemudian ditambah oleh Branden Campbell dan Elaine Bradley.
namun juga ada satu nama yaitu david Charles yang mengisi tambahan pada posisi gitar saat tour.

Personel Neon Trees:
Tyler Green - vocals, keyboard
Chris Allen - guitar
Branden Campbell - vocals, bass guitar
Elaine Bradley - drums, percussion, vocals

Mereka bergabung pertama kali dengan nama Neon Trees sejak tahun 2005 dengan anggota asli 5 orang.
Nama neon Trees terinspirasi dari sebuah pohon yang menyala karena dipenuhi lampu di tanda milik In-N-Out Burger.
Kemudian band ini mulai terkenal di sekitar kota Provo dan Salt Lake City, Utah.

Mereka merilis sebuah EP berjudul 'Becoming Different People' di tahun 2006. (Download Album Becoming Different People)
Album ini memiliki beberapa lagu yang cukup menjanjikan, di antaranya 'Snap the Flash', 'Sister Stereo' 'Modern Romantics' dan 'Ashley stevenson.

Tidak lama setelah itu, drummer The Killers, Ronnie Vannucci Jr. tertarik ketika di sebuah club di Las Vegas merasa terkesan denan aksi Branden Campbell.
Tak ayal, Neon Trees diajak untuk menjadi band pembuka bagi The Killers dalam North American Tour.
Ronnie juga lah yang berperan dan berjasa membantu Neon trees bergabung dengan Mercury Records.
Dan di tahun 2009, Neon Trees terpilih sebagai Band of the Year menurut City Weekly, sebuah publisher terkenal di Salt Lake City.

Pada 16 Maret 2010 akhirnya mereka merilis debut album mereka yaitu 'Habits' dengan lagu jagoannya 'Animal'.
Kemudian Neon Trees mulai ramai undangan ke beberapa show, termasuk dalam acara Late Night With Jimmy Fallon dan David Letterman.
Bahkan si Mark Hoppus memilih lagu 'Animal' sebagai 'Spin Magazine Pick of The Week' pilihannya.

Uniknya, band ini juga meng-cover lagu milik Justin Bieber yang berjudul 'Baby' (Download).
Selain itu band ini juga mengcover lagu 'Stand by Me'.
Band ini bersama Mutemath dan Street Drum Corps menjadi band pembuka 30 Seconds to Mars.
Di November 2010, mereka juga merilis sebuah lagu natal berjudul 'Wish List'.

Setelah itu mereka juga menjadi band pembuka bagi Angel and Airwaves dan My Chemical Romance.
Meskipun begitu, mereka berhasil memenangkan 'Billboard Alternative Song of the Year' untuk lagu mereka 'Animal', mengalahkan Train bahkan Linkin Park.
dan jangan lupa mereka juga akan tampil di festival rock terbesar di Asia Tenggara, Java Rockingland bersama Helloween, The Cranberries, 30 Seconds to Mars, Good Charlotte, dll.

Album Habits

Untuk album 'Habits' sendiri, ada beberapa lagu jagoan selain 'Animals', antara lain '1983' dan juga 'Your Surrender'.
Selain itu ada beberapa track seperti 'Sins of My Youth', 'Love and Affection', 'Girls and Boys in School', 'In The Next Room', 'Our War' dan juga 'Helpless'.
Download album Habits

untuk info lebih lanjut, bisa membuka website mereka di neontrees.com
Selamat mendengarkan ;)