Friday, December 9, 2011

DPD: Dewan Pengabdi Daerah


Di masyarakat banyak yang bertanya-tanya, “apa sih kerja DPR? Kerjaannya Cuma ngomong mulu kan?”
Bekerja keras mungkin iya, namun dampaknya bagi rakyat kecil juga sangat kecil. Baru ketika menyangkut hal semacam kenaikan harga BBM, sulitnya birokrasi, rakyat bisa merasakan secara langsung.
Lalu rakyat juga bertanya tanya, “kita memilih mereka, tapi apa yang kita sampaikan kadang tidak didengar”. Bahkan aksi Pong Harjatmo memanjat gedung Senayan pun seakan tak mengubah apa-apa.
Lalu ketika rakyat butuh sesuatu, datang ke pusat dan sudah meminta namun tidak ada jawaban, harus mengadu kemana lagi?

Nah, jawabannya adalah DPD. Mereka adalah wakil asli kita dari daerah. Dan jika saya menjadi anggota DPD, tentu saya akan mendengarkan aspirasi rakyat terutama dari daerah.
Dengan berkembangnya teknologi, semisal facebook, twitter dan blog akan mempermudah penyampaian saran maupun keluh kesah rakyat yang kemungkinan didengar akan semakin besar. Karena ketika seseorang telah menjadi ‘orang besar’ maka ia juga semakin sulit untuk ditemui dan diajak berdialog. Kami akan menghindari hal tersebut dengan tetap menjaga komunikasi antara kami dengan rakyat. Kemudian dengan mengadakan forum terbuka bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi yang juga bertujuan silaturahmi antara rakyat dan wakilnya. Ketika ada usulan yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah maka perlu didukung dengan melibatkan pemerintah daerah dan masyarakat secara umum. Selain itu pengarahan secara baik baik akan membantu masyarakat berkembang lebih baik pula. Mengenali masyarakatnya sendiri dengan turun ke lapangan, meninjau kondisi daerah akan membantu dan lebih memahami kondisi dan kebutuhan rakyat.

Kemudian apa langkah nyata selain menciptakan ruang dan peluang bagi rakyat sendiri? Tentu dengan mengembangkan potensi yang dapat terus digali sehingga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah. Obyek wisata, kerajinan asli daerah, wisata kuliner serta keunikan lainnya tentu akan menjadi daya tarik yang sangat baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun semua itu juga memerlukan promosi yang tidak mudah. Sehingga adanya DPD akan membantu upaya memperkenalkan potensi daerah ke dunia luar. Dengan adanya promosi yang baik dan didukung peningkatan kualitas daerah maka akan mampu meningkatkan kunjungan wisata, yang juga akan berdampak pada peningkatan masyarakat secara menyeluruh.

Selain itu harus dihilangkan sekat sekat antara rakyat dan wakil rakyat. Semua harus berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah, saling bergotong royong dalam membangun daerah. Karena selain sebagai Dewan Perwakilan Daerah, DPD juga merupakan Dewan Pengabdi Daerah.

No comments: