Monday, July 16, 2012

Our Friend: Adan

Emang bener kata orang, temen itu abadi walaupun cuma kenal beberapa tahun bahkan beberapa hari.
gue bener-bener salut ama Nobita dan Doraemon yang temenan ampe ber-dasawarsa walaupun si Nobita ngrepotin terus.
Terus sama si Boots yang setia banget nemenin Dora walaupun si Dora sesat alias pergi-pergi gak pernah tau jalan lewat mana.
Juga persahabatan Bogie dengan si Adan meskipun persahabatan mereka baru seumur jagung (kayak pernikahan aje).

Siapa Bogie? Siapa Adan?
Kalo' Bogie temen gue yang asalnya dari Cilacap yang kulitnya cukup kinclong (baca: item), native speaker of Ngapak language, dan sekarang tinggal di sekitaran Bendungan, cuma entah kenapa dia belum juga ketangkep sama Densus 88?
Nah, kalo' si Adan adalah siswa hasil barter antara dia dengan sekarung beras. (sebenernya dari Kalimantan)
Ya kayak pertukaran pelajar gitu lah kalo di luar negeri, tapi perasaan kita gak ngirim siswa ke sana deh? :/
Nah, persahabatan mereka dimulai ketika Adan 'dititipkan' oleh sekolah gue di rumahnya si Bogie, mungkin biar 'hemat' beb.
Dari situ mereka terlihat makin mesra, dari berangkat sekolah bareng, tidur bareng, ampe mandi bareng mungkin.
Tapi mungkin akhirnya gue gak bakal bahas persahabatan mereka panjang kali lebar kali tinggi adalah rumus balok.

gue bakal bahas si Adan aja kali ya.
Yak, dia adalah sosok yang cukup misterius, karena dia datang dengan penuh senyuman dan akan membawa perubahan seperti seorang Rafael Benitez yang membawa Inter menuju kehancuran.
Awalnya mungkin pembicaraan agak kurang, karena belum saling mengenal.
Namun lama-kelamaan gue berpikir, yak di kelas gue bakalan ada 2 toa masjid nih kayaknya, yang lama udah ada si Reni, eh ini ada si Adan.

Gayanya, ckck
Pas awal-awal masuk, dia cuma bisa bilang 'nggih.. nggih..', kata apa aja ditanggepin, nggih.
Pernah pas Bahasa Indonesia, kita ngobrol, gue nanya ke dia, 'kamu tau gak artinya ASU?'
'ASU?' dia bilang gitu rada keras, ampe Bu Yus dengar itu suara laknat. gue sama temen-temen ngakak.
Terus Bu Yus bilang 'eh, ojo diajari saru-saru lho!'
Eh, abis itu Adan masih nanya sambil berbisik, 'asu apaan?'.
Terus salah satu temen gue siapa gue lupa, bilang 'asu itu bagus, misalnya Adan asu, artinya adan bagus'.
Hahaha, walaupun kayaknya dia akhirnya tau apa artinya.

Entah kebetulan atau enggak, pas Adan dateng itu Merapi lagi aktif-aktifnya.
Ya itung-itung tau yang namanya gunung berapi lah, di Kalimantan kan gak ada.
Dia juga nyempetin naik kereta api, soalnya di Kalimantan juga gak ada.

Sebenarnya nih anak lucu (kayaknya sih..), kadang-kadang ngebanyol.
Tapi ada masalah, bayangin aja deh, anda ketemu orang-orang Somalia, terus mereka ngomong 'howa howa howa, aga aga aga' terus tiba-tiba salah satu temennya ketawa ngakak.
Kira-kira kayak gitu lah lawakannya, dia tau bagian lucunya, tapi kitanya kan gak ngerti dia ngomong apaan, ya terpaksa ikutan ketawa hahaha.

Dia juga suka cerita mistis mistis gitu gan, terutama cerita kayak perang Sampit dsb.
Dia juga cerita gimana caranya kalo' mau nangkep makhluk halus, yaitu dengan jualan sate burung hantu di malam hari, setan macam Genderuwo, Kuntilanak, Kuntilbapak, Kuntilemak bakalan dateng buat beli.
Tapi kalo' anda kehabisan alias gak bisa memenuhi orderan mereka, ya layaknya manusia, mereka bisa marah dan anda yang bakalan kena akibatnya, gak percaya? Percayalah, hanya di Ripley's believe it or not!

Dia juga cerita kalo temen-temennya ada yang punya kemampuan supranatural gitu gan.
Misalnya pas ujian, gurunya bisa dibikin tidur, terus bisa nyontek temen pake jurus kayak Gaaraa di Naruto itu gan!
Iya, kita cuma duduk diem, tapi mata-nya bisa ngeliat kemana-mana, serem gak tuh?

Kalo' anda tau, kata dia kalo' mau ke Palangkaraya aja harus menempuh jarak puluhan kilometer, itu pun ada yang lewat hutan-hutan gan.
gue jadi ngebayangin kalo' tiba-tiba dihadang ama macan, musti kelahi dulu kali ya? atau kalo' tiba-tiba ada ular nemplok di punggung, atau gajah nemplok di punggung, kan gak ada yang tau?

Dia juga cerita kalo' pacarnya tuh banyak man!
Gak cuma satu, tapi berapa gue lupa, dan katanya cantik-cantik!
gue sama temen-temen jadi mikir, berati di sana playboy tuh model-modelnya kayak Adan, ckckck.

Adan yang juga sempet ikut Idul Adha di SMA kita
Dia juga suka belaga bisa atau ahli pantun man!
pernah suatu kali, gue ditantang adu pantun sama dia, saksinya si Bayu ama si Supri.
gue jabanin dong, gue kan juga lumayan, soalnya udah berguru sama bang Andre Taudiri.
Pas di pantun ke 6 atau 7 gue lupa, dia mikir lamaaaaaaaa... banget, terus si Supri sama Bayu mulai komplain.
Eh, pas udah ketemu pantunnya, sajaknya beda, apa gunanya coba mikir lama-lama tapi sajaknya beda, gue kasih tau, sajaknya tuh a-b-a-b, kalo Ali sajaknya b-a-b-a, kalo TK sajaknya a-b-a, kalo keinjek sajaknya a-a-a-a-a-a-a-a.

Ini yang paling kondang gan, entah latah atau apa, dia suka reflek yang berlebihan, kalo orang alay bilangnya lebay.
misalnya gue pura-pura mau lempar gelas Aqua ke arah dia, dia tiba-tiba agak kaget dan melakukan gerakan menangkis ala Bruce Lee kalo mau diserang musuh.
Tapi kalo boleh gue bilang, dia punya tingkat kewaspadaan tinggi (bahkan parah).
Buktinya si Mega kalo' mau jahilin dia gak pernah berhasil, dia pasti bisa menghindar atau selamat dari bahaya.

Untuk urusan asmara, menurut investigasi tim Silit, Adan sempat digosipkan sama si Reni.
Kalo' di film-film mereka udah kayak Shrek sama Fiona, atau Nunung sama Aziz Gagap gitu lah.
Tapi setelah dia balik ke kampung halaman, baru diketahui bahwa Adan menaruh rasa pada Rina Ranting pohon alias Rina Rantiasih.
Mungkinkah.. Reni patah hati dan dendaaamm.. kepada Rina? Kita nantikan dalam Silit investigasi!!
Oke Adan, tetaplah jadi Playboy dan tetaplah menjadi teman kami!!!

(Tulisan ini dibuat beberapa bulan yang lalu, bahkan lebih dari setahun dan sudah mendapat persetujuan dari Adan. Tapi baru sempat diposting sekarang)

No comments: