Thursday, May 16, 2013

Part of the History



Pas tutorial, Mia kepo banget pengen tau pembicaraanku sama Ericko. Saya gak jawab. Tapi dia langsung bilang “Pasti ngomongin bola! Di twitter kamu ngetwit Moyes Moyes. Hahaha”
Jawaban hampir benar. Bukan Moyes yang saya bicarakan dengan Ericko. Saya memberi selamat atas gelar juara Barcelona.

Tapi, kalo dipikir saya adalah orang yang terlalu banyak ngetwit atau ngeritwit hal tentang sepak bola. Mungkin itu hanya hal yang saya bisa lakukan. Tentu saya bukan pemain sepakbola (lagi), atau pemain futsal atau bahkan pelatih. Berkomentar, itulah yang saya bisa. Begitu juga posting saya kali ini yang hanya akan mengomentari beberapa momen akhir akhir ini.

Akhir pekan minggu kedua di bulan Mei 2013. Bukan Piala Dunia, tetapi saya merasa bahwa saya adalah ‘part of the history’. Ya, ada 3 momen yang menurut saya bisa saya bagikan kepada anak cucu saya yang mungkin suatu saat nanti membaca blog saya ini :v .

Pertama. Adalah gol ke 202 dan ke 203 Frank Lampard.
Bertandang ke kandang Aston Villa yang butuh kemenangan agar terhindar dari jurang degradasi. Tapi perlu dicatat, Chelsea juga sangat butuh kemenangan demi memastikan tiket Liga Champions musim depan.
Baru beberapa menit, dengan tendangan tak sempurna, Benteke justru mampu mengecoh Petr Cech yang terlihat mati langkah. Aston Villa unggul 1-0. Niat mengejar ketertinggalan, Ramires justru memperoleh kartu kuning kedua akibat dianggap mengangkat kaki terlalu tinggi. Butuh kemenangan justru tertinggal 1-0 dan bermain dengan 10 pemain.
Di babak kedua asa itu datang. Giliran Benteke yang memperoleh kartu kuning kedua akibat kaki terlalu tinggi terhadap John Terry. 10 melawan 10.
Kemudian keajaiban itu datang. Bergerak dari kanan dengan umpan Eden Hazard, Lampard menaklukkan Brad Guzan di pojok kanan atas gawangnya. 1-1. Sekaligus gol ke 202 Lampard di Chelsea. Menyamai gol Bobby Tambling.
Sekali lagi. Hari itu menjadi harinya Super Lamps. Lagi lagi Hazard. Kali ini dia bergerak dari kiri, melewati beberapa pemain dan mengirim umpan tarik ke tengah. Dengan sedikit sontekan Lampard mencetak gol. Skor 1-2. Gol ke 203 Lampard melewati rekor Bobby Tambling. Sekaligus membawa Chelsea lolos ke Liga Champions musim depan. Jujur, saya berkata “Edaaaan” ketika Lampard melesakkan gol ke 203-nya.




Kedua. Piala pertama Wigan setelah 81 tahun.
Iba rasanya melihat Wigan ditaklukkan Arsenal 4-1 dua hari yang lalu. Itu mengirim mereka menjadi tim terakhir yang harus degradasi ke divisi Championship musim depan.
Namun di hari Sabtu sebelumnya, saya menyaksikan betapa hebatnya, betapa luar biasanya mental pemain Wigan saat melawan Manchester City.
Saya memuji permainan Espinoza, McManaman dan Shaun Maloney. Menurut saya ketiga pemain tersebut adalah pembeda di babak kedua. Meskipun Ben Watson sang supersub lah yang akhirnya menentukan kemenangan Wigan di menit terakhir pertandingan.
Bukan salah Aguero, bukan salah Yaya Toure atau bahkan Joe Hart. Ini murni semangat juang pemain Wigan yang luar biasa.
Tentang Joe Hart, dia memang menjadi pembicaraan hangat. Di laga final tersebut, merupakan laga debut Joe Hart di Piala FA. Sebelumnya City memansang Costel Pantilimon di bawah mistar. Dan itu juga yang menurut saya menjadi kunci City menghentikan laju Chelsea di semifinal akibat bola bola atas ‘favorit’ Demba Ba selalu didahului Pantilimon.
Bisa jadi Joe Hart belum panas. Bisa jadi apa pun alasannya. Laga final adalah final. Kesalahan sekecil apa pun memang mampu merubah takdir.
Tetap semangat, Wigan!


Ketiga. Menyaksikan laga kandang terakhir Sir Alex Ferguson.
Guard of Honour untuk Sir Alex, menandai 26 karir kepelatihannya bersama Manchester United. Saya bukan penggemar Sir Alex. Saya tidak menyukai gaya bicaranya di depan media, selalu mencari kesalahan wasit ketika timnya dirugikan. Namun berkat dirinya, transfer yang dia lakukan, membeli orang Perancis dari Leeds United. Yang kemudian menginspirasi ayah saya untuk memberi sebagian namanya kepada saya. Eric Cantona. #RespectSirAlex
Nikmati masa senjamu, sang jenius. Selalu sehat dan di dalam lindungan Tuhan :))


No comments: