Friday, February 3, 2017

Coass-Lyfe, Part 1: Korep


*warning! Siapapun yang membaca tulisan ini, entah itu dekat sama saya atau tidak kenal sama sekali mohon memaklumi isi cerita ini. Kejadian ini berlangsung pada saat itu dan mungkin sudah tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan masa sekarang. Jadi jangan sampai tulisan ini menjadikan suatu perpecahan di antara siapapun setelah membaca tulisan ini di masa depan*

Saya masih ingat kala itu, hari Senin, hari pertama masuk koas, mendapat bagian Reproduksi (Korep). Namun saya lupa tanggal berapa tepatnya saat itu. Pokoknya saat itu langsung pembagian dosen, kemudian diinstruksikan sama drh. Agung buat jaga sapi bunting menuju partus di Kelompok Ternak Andini Mulyo, Berbah tempat Prof Saryadi yang melegenda itu.

Minggu pertama tidak banyak kegiatan, kuliah pun belum mulai, banyak dosen yang belum bisa. Apalagi saat itu bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha yang diperingati tidak bersamaan antara pengikut Muhammadiyah dan NU, alhasil beberapa dari kita dapet tugas dobel, selain jaga sapi partus juga ikut keliling periksa hewan kurban. Bahkan waktu itu saya periksa sampe ke daerah Candi Ijo hehe. Kebanyakan waktu kita isi dengan kegabutan menunggu sapi bunting yang tak kunjung lahir. Oh iya, pada masa masa ini pengeluaran saya buat duit bensin jadi meningkat drastis, apalagi buat perjalanan rumah-kampus-Berbah-kampus-rumah dan berbagai kombinasinya membuat jarak tempuh makin jauh.

Minggu kedua, masih diisi dengan kegiatan menunggu sapi yang tak kunjung lahir. Begitu juga dengan kegiatan menunggu dosen pembimbing yang tak kunjung tampak batang hidungnya. Oh iya, karena sapi A (katakan saja sapi A) tidak kunjung lahir maka kita mendapat opsi sapi B yang juga kita jaga karena terlihat sudah mau melahirkan juga. Beberapa kuliah dosen sudah diisi, beberapa masih sulit ditemui. Beberapa kali juga melihat seminar angkatan sebelumnya buat gambaran ke depan. Kemudian waktu itu hari Kamis kalo tidak salah, selepas waktu dzuhur kita yang ada di kampus mendapat kabar yang kurang menggembirakan. Sapi B sudah lahir ketika Fita sholat dzuhur dan Grace juga ikut menemani, jadi tidak sempat dilakukan dokumentasi proses lahirnya pedet. Jujur kita semua kecewa, tapi mau gimana lagi, akhirnya kita konsultasi ke drh. Agung untuk alternatif sapi lain, akhirnya beliau menyetujui dan menjaga sapi C. Kemudian kita sepakati bakal jaga lebih intensif lagi.
Nah pas malam harinya sekitar jam 10, saya yang posisi baru jaga tadi malam lagi ada di rumah, tiba-tiba mas Siget nge-Line kalo ada ‘tanda-tanda’, aku dalam hati ‘dari kemarin juga tanda tanda tapi ga jadi kenyataan kok’. Saya yang waktu itu emang posisi lagi capek banget akhirnya ketiduran, dan kebangun sekitar pukul 1 dan chat grup udah rame banget, pedetnya udah lahir dan saya posisi gak ada di sana, sedih rasanya, heartbroken gitu rasanya :( karena merasa sangat bersalah, saya dari rumah jam 2, bayangkan JAM 2 PAGI dari rumah ke Berbah, semua lampu merah saya terabas begitu saja, untung ga ada begal. Pas sampe sana anak anak udah pada tidur, duh.. masih merasa bersalah, tapi setelah aku hitung kurang satu anak, mbak Intan, dia juga gak dateng, karena kebetulan mbak Intan kosnya juga Jakal atas dan abis jaga bareng aku, capeknya sama kali ya haha pas aku tanya dia gak merasa bersalah sama sekali sudah melewatkan momen itu wkwk

Kemudian saya sudah tidak ingat lagi urutan kegiatan Korep ini, jadi setelah ini bakal diceritain secara random aja wkwk

Salah satu kegiatan Korep adalah ikut jaga di Rumah Sakit Hewan Soeparwi yang dulu masih di Sekip, Bulaksumur. Kebetulan waktu itu kita bareng grup koas Bedah, jadi ada temennya, yaa walaupun akhirnya juga ada gap soal pembagian tugas; ada yang rajin, tapi gak sedikit pula yang terkesan malas-malasan. Salah satu yang paling rajin di anak Bedah waktu itu si Elfa, itungannya dia paling pagi kalo berangkat dibanding temen koasnya, kadang sampe kalo sarapan tuh bareng anak koas kita. Pernah suatu kali kita makan siang, aku sama Twin bareng Elfa di Foodcourt dan kita pake baju samaan warna biru dongker, padahal gak janjian sama sekali wkwk

Trus foto kelompok kita juga serba dadakan, demi kebutuhan kelengkapan lab sih sebenernya hehe

Kemudian salah satu hal terkeren dalam Korep ini adalah kita ikut ambil bagian dalam kegiatan Gangrep di Blora. Waktu itu atas rekomendasi drh Agung dan bekerja sama dengan BB Vet Wates. Awalnya sebagian besar anak-anak agak males, apalagi pas mau berangkat kita di-PHP yang katanya berangkat pagi, akhirnya sampe Maghrib baru berangkat dari kampus -_- alhasil sampe Blora udah jam 12an malem. Kita tidur di kantor dinas buat sementara, trus pas pagi pada antri mandi banyak banget, sampai akhirnya ada beberapa yang mandi di rumah warga dan SPBU. Khusus di rumah warga ada yang boker, trus kaget gara gara pas boker dan poop nya nyemplung langsung rame airnya, gara gara bawahnya tuh kolam lele wkwk
Setelah siang, dibagilah lokasi buat kegiatan di lapangan. Alhamdulillah saya dapet lokasi yang banyak orangnya. Sebenernya kegiatannya gak terlalu masalah, nyuntik, pendataan, ngerogoh, dsb. cuma cuacanya aja yang naudzubillah, panasnya minta ampun, kering kerontang, yang ada cuma pohon jati yang kekeringan juga.
Soal makanan saya gak pernah protes harus ini itu, tapi Berlin mengeluhkan sayurnya hampir tiap hari Gori (nangka muda) melulu wkwk. Saah satu sajian yang gak pernah saya konsumsi adalah minuman berwarna yang setelah saya tau pas bikin dan itu adalah semacam Kuku Bima, saya gak mau minum itu haha beberapa anak tumbang, termasuk Berlin dan Arum karena kecapekan.
Sewaktu kegiatan lapangan saya lebih sering bareng Dika sama Twin. Kita juga jadi kenal beberapa orang dari BBVet termasuk pak Sidik yang cerita soal anaknya yang dulu sekolah di SMP dan SMA yang sama, trus ada Mas Heru sang inseminator lokal yang suaranya *mohon maaf* cempreng wkwk
Kemudian kita juga diajakin makan sate khas Blora (jujur saya lupa itu ayam apa sapi) tapi yang jelas katanya kalo kita gak stop kita bakal dikasih terus hehe trus diajakin ke Cepu buat refreshing dan pulangnya ‘mampir’ di hutan yang serius itu serem banget diajakin sama Pak RT yang bisa ‘ngeliat’ gitu katanya lokasi itu pernah buat syuting Mister Tukul jalan-jalann juga. Tapi serius itu jalan sepi banget kalo malem sama sekali ga ada penerangan dan kiri kanan jalan udah pohon gede semua. Koas lapangan yang melelahkan, tapi serius worth it kok hehe.

Kiri atas-lokasi jaga partus, kiri bawah sebelum berangkat ke Blora, kanan atas setelah partus, kanan tengah kesamaan baju, kanan bawah perpisahan pulang dari Blora

Sepulang lapangan kita lebih disibukkan dengan laporan kegiatan lapangan lah, laporan partus lah, laporan RSH lah, juga laporan presentasi pribadi. Ada yang lancar-lancar aja, ada yang last minute mau pindah bagian suruh ganti judul kayak Twin sama Arum, ada yang seminarnya mundur kayak anak bimbingannya Bu Gustari. Tapi Alhamdulillah semua clear kok :)

No comments: